Catur itu indah

Catur saat ini telah menjadi permainan yang sangat populer dan dimainkan di tingkat internasional, turnamen online, serta secara real time..  Saya sendiri adalah penggemar catur sejak masih kecil, bahkan hingga saat ini ( sering ketagihan main chess online.. he.. he..)

Sejarah singkatnya, permainan catur bermula pada abad ke-6 di India pada masa pemerintahan raja-raja Gupta, selanjutnya menyebar ke Persia, kemudian ke Arab, hingga ke Spanyol dan Portugal. Menurut hasil penelitian, catur mencapai Eropa Barat dan Rusia pada abad ke-9.

Saya membagi fase dalam permainan catur ke dalam  3 ( tiga ) tahap, yang diantaranya : pertama adalah tahap pembukaan, kedua adalah tahap penyerangan dan yang terakhir adalah tahap penyelesaian.. Bagi yang sudah mahir, tahap pembukaan bisa dilewati dengan cepat tanpa permasalahan berarti.. Ketika berhadapan dengan lawan yang tangguh, maka tahap penyerangan akan menjadi tolok ukur kemenangan.. Dalam tahap penyerangan biasanya penuh dengan adu strategi dan trik-trik.. Disinilah biasanya para pemain sering menghabiskan waktu berlama-lama berpikir demi untuk memperoleh strategi jitu dan mengambil keputusan langkah yang paling tepat.

Kenapa dibilang disini “catur itu indah ?”  Yah, karena permainan catur bisa memberi kita pelajaran hidup yang sangat berharga.. Beberapa pelajaran penting diantaranya yakni : tidak berlaku curang, selalu bertindak hati-hati, dan senantiasa berpikir keras untuk meraih strategi jitu sehingga tidak salah mengambil tindakan.

Terkadang catur suka dikait-kaitkan dengan politik, akan tetapi menurut saya hal itu berbeda.. Dalam politik, kemenangan secara licik atau curang itu sah-sah saja sehingga ada sebutan “politik kotor”..  Sebaliknya, kemenangan dalam catur sejatinya karena menang dalam adu strategi, trik dan ketepatan langkah.

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *