Apa itu IP Address dan apa sih fungsinya ?

Komputer adalah salah satu alat untuk berkomunikasi dalam jarak yang sangat jauh maupun dekat. Agar kita dapat terhubung oleh teman-teman kita yang berada sangat jauh, kita harus menghubungkan komputcr atau laptop kita atau pun media elektronik lain ke jaringan internet.

Layaknya rumah, masing-masing pc atau laptop itu memiliki alamat agar dapat terhubung dengan orang yang ingin kita hubungi. Nah,dalam ilmu jaringan komputer, alamat itu dikenal dengan nama IP ADDRESS. Apa sih IP address itu dan apa seberapa pentingnya sih IP Address itu?

Apa itu IP Address

IP address adalah singkatan dari Internet Protocol Address. Pengertian IP address adalah suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi.

Format penulisan numerik IP address menggunakan bilangan biner. Supaya lebih mudah ditulis dan dibaca, maka IP address ditulis dengan bilangan 4 desimal yang masing-masing dipisahkan oleh titik. Format penulisan ini disebut sebagai dotted-decimal notation. Setiap bilangan desimal merupakan nilai dari satu oktet atau delapan bit alamat IP. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:

192.168.1.1

Jika dikonversi menjadi bilangan biner adalah sebagai berikut:

11000000.10101000.1.1

Lebih mudah dibaca yang mana ? ( gw aja mumet bacanya dari mana… )

Sejarah Singkat IP Address

IP Address adalah sebuah alamat yang dimiliki komputer yang digunakan sebagai identifikasi yang berada dalam suatu jaringan komputer. IP Address itu berawal dari tahun 1969, saat itu ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) membutuhkan suatu alat untuk bisa terhubung dengan peserta yang lain. Akhirnya terbentuklah yang disebut IMP (Interface Message Processor) yaitu seperti IP ADDRESS. IMP ini juga sering disebut sebagai nenek moyang dari IP ADDRESS. Dari sinilah IP ADDRESS terbentuk. Lalu setelah itu pada tahun 1977-1979 muncul lah IP ADDRESS ini, namun anehnya yang muncul pertama itu bukanlah IP versi 1 namun IP versi 4. Dan ternyata setelah di selidiki memang IP versi 4 inilah yang digunakan secara meluas pada jaringan komputer yang modern. Setelah itu bermunculan IP versi-versi berikutnya yaitu; IP versi 5 dan yang sekarang yang digunakan IP versi 6. Dalam jaringan komputer sangat banyak sekali alamat-alamat setiap komputer yang ada di dunia,dan bahkan layaknya nomor telfon tidak ada satupun yang memiliki nomor yang sama… Hebat cuuy…

Fungsi dan Kegunaan IP Address

Mungkin sebagian orang tidak tahu bahkan tidak peduli bagaimana dia bisa terhubung dengan temannya yang berada sangat jauh dengannya saat ini. Di balik itu semua IP Address lah yang membuat kita terhubung dengan teman kita. Jika tidak ada IP Address, maka kita tidak akan bisa mengetahui keadaan yang di luar dari daerah maupun negara kita… hehe..

IP Address digunakan dimana saja saat kita ingin terhubung dengan komputer yang lain. Nah, contoh yang paling dekat saja saat kita bermain game online yang bermain dengan kita adalah orang luar negeri, agar kita terhubung dengan teman kita itu maka Jaringan internet akan melihat IP Address kita dan menghubungkannya dengan IP Address teman kita itu. Jadi, IP Address merupakan sebuah alamat pada komputer yang memungkinkan satu komputer dengan komputer lain memiliki satu tujuan pasti tanpa tertukar dengan komputer yang lain.

IP Address memiliki pembagian kelas yaitu :
Kelas A
Fungsi Kelas A adalah Jaringan yang berukuran sangat besar.
Kelas B
Fungsi Kelas B adalah jaringan dengan ukuran sedang-besar.
Kelas C
Fungsi kelas C adalah untuk jaringan berukuran kecil.
Kelas D
Fungsi kelas D digunakan untuk keperluan multicasting dan tidak mengenal adanya Net-ID dan Host-ID
Kelas E
Fungsi kelas E adalah ini digunakan untuk keperluan Eksperimental

Jadi, kegunaan IP Adress itu sangatlah penting. IP Address komputer akan berbeda dengan IP Address komputer yang telah terhubung ke internet, karena pada saat terhubung ke internet router akan memberikan IP Address berbeda yang memungkinkan komputer tersebut terhubung ke jaringan internet.

Selain memberikan IP Address untuk terhubung ke internet, router juga memudahkan pemberian IP Address kepada komputer yang jumlahnya tidak mungkin melakukan setting secara manual. Contoh router adalah access point, selain router yang merupakan alat jadi komputer PC juga dapat dijadikan sebagai router dengan melakukan penginstallan program aplikasi router yang cara kerjanya sama dengan router yang sudah jadi antara lain mikrotik, plafon, debian, ubuntu server, windows server dan lain-lain.

Sumber  :  Mbah Google

Ok, semoga nambah ilmu jaringan komputer -nya ya… hehee….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *